Kamis, 31 Desember 2009

Beli rumah baru

Adakah rencana untuk beli rumah? Ikuti tip berikut ini, moga bermanfaat bagi anda.

Memilih perumahan adalah gampang gampang susah, apalagi bila yang kita pilih adalah perumahan baru. Banyak hal yang menjadi pertimbangan terutama masalah fasilitas perumahan ketika kita memilih suatu lokasi.

Memilih rumah seringkali diibaratkan memilih jodoh, dan untuk mendapatkan jodoh tersebut maka diperlukan usaha tertentu bagi yang bersangkutan karena rumah tidak tersedia begitu saja bila kita mampu membelinya, banyak pilihan yang kadang membingungkan, dan tentunya diperlukan usaha tertentu pula agar kita betah menempatinya.

Banyak pilihan perumahan baru.
Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali pilihan beli rumah mulai dari kelas bawah sampai kelas mewah. Saking banyaknya, maka tentunya harus anda pilih yang sesuai, misal lokasi, type rumah, sampai ke kocek anda.

Banyaknya perumahan baru ini menjadikan pilihan anda harus hati hati dan bijak, karena bagi sebagian besar kita, rumah adalah untuk ditempati.

Agar tidak salah langkah dalam memilih perumahan, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Lihat siapa pengembangnya

Seperti yang kita ketahui bahwa Rumah, khususnya beli rumah secara kredit, akan melibatkan komitmen jangka panjang yang akan mengikat kita dalam waktu bertahun tahun. Maka bila anda akan beli rumah, unsur kepercayaan terhadap pengembang menjadi sangat penting. Saat anda menyerahkan uang muka, maka artinya anda percaya pada pengembang.

Bagaimana memilih pengembang yang bisa dipercaya? Diantaranya adalah mendapatkan informasi apakah pengembang tepat waktu dalam membangun dan menyerahkan ke konsumen, apakah ada keluhan mengenai sertifikat, apakah banyak keluhan dari konsumen yang telah ada. Pengembang yang baik tentunya prasarana sangat memperhatikan prasana perumahan, contoh: pada foto di artikel ini anda melihat bahwa jalan, parit dan tanaman penghijauan sudah dipikirkan oleh pengembang walaupun rumah baru sedikit yang dibangun. Terkadang kita jumpai suatu perumahan yang sudah siap huni tapi jalan dan drainase belum layak. Perlu anda cari tahu baik melalui internet, media massa, ataupun anda cek langsung ke warga yang telah menghuni perumahan tersebut. Anda akan merasa nyaman bila beli rumah dari pengembang yang sudah mempunyai nama di masyarakat

Cek tema masterplan proyek perumahan dan kenyataan
Perkembangan teknologi komputer sangatlah membantu siapa saja untuk mensimulasi suatu program. Lihat brosur yang tersedia dari pengembang dan visualisasinya yang dapat menggambarkan tema atau masterplan perumahan. Bandingkan tema & masterplan dengan aktualnya. Contoh bila suatu perumahan bertemakan Nuansa Alam segar tentunya akan banyak melakukan penghijauan dan mempunyai jarak tertentu dari area industri untuk menghindari polusi dan kebisingan.

Disisi lain, mungkin suatu pengembang menawarkan hunian segar dengan taman taman yang luas dan lingkungan yang tenang tetapi prospek investasinya atau nilai jual beli rumah dilingkungan anda juga tenang disatu tempat alias tak bergerak. Oleh karenanya, pengecekan tema – masterplan – aktual lokasi perumahan, perlu anda lakukan dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Bagaimana suplai air bersih ke perumahan tersebut
Air bersih merupakan faktor penting dalam kriteria beli rumah. Seringkali kita dengar permasalah klasih di kota kota besar maupun pinggirannya mengenai supply air, walaupun ada PDAM tetapi perlu juga anda perhatikan keluh kesah dari warga, karena seperti yang kita ketahui bahwa pada daerah tertentu pasokan air bersih tersendat atau bahkan macet. Selain PDAM, perlu juga anda perhatikan kualitas air tanah.

Gimana cara mengecek? Bisa anda tanyakan ke pihak marketer, dan cek langsung ke lokasi dan tanyakan ke warga yang telah mendiami.

Kualitas Fisik Bangunan & Lingkungan
Tidak ada standar tertulis yang jelas mengenai kualitas jual beli rumah. Oleh karenanya perlu anda cek ke lokasi mengenai kualitas perumahan menurut penilaian anda, gimana aktual perbandingan semen & pasir, gimana penerapan gambar kerja di lapangan, gimana hasil kerja tukang, adakah quality control yang anda jumpai ketika keliling lokasi perumahan, bagaimana kualitas lingkungan yang sudah jadi, bagaimana keluh kesah warga mengenai rumah mereka, dsb. Anda sebagai calon pembeli rumah perlu mempertimbangkan aspek kualitas, yang meliputi kualitas fisik rumah dan sarana / prasana lingkungan.

Apakah pengembang menjalankan divisi manajemen estate
Kondisi fisik lingkungan sangat mempengaruhi nilai jual beli rumah di kemudian hari. Oleh karenanya, tanyakan pada pengembang apakah ada divisi managemen estate yang mengelola masalah masalah seperti: lingkungan, sampah rumah tangga, keamanan, dsb.

Kelengkapan fasilitas perumahan atau yang ditawarkan pengembang
Biasanya pengembang perumahan menawarkan berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial. Dimana fasilitas ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan fungsi rumah dan juga menjalani kehidupan sehari hari.

Pemilihan perumahan yang seksama tentang ketersediaan fasilitas umum biasanya akan memberikan peluang lebih besar untuk memperoleh keuntungan investasi jual beli rumah dan terutama memudahkan aktifitas anda sehari hari. Fasilitas umum ini biasanya tidak dibangun di awal karena akan merugikan pengembang, fasilitas ini dibangun secara bertahap. Yang perlu anda perhatikan adalah, apakah pengembang mempunyai kemampuan untuk menepati janjinya? Karena fakta dilapangan sering kita jumpai banyak pengembang yang mengingkari janji untuk membangun fasilitas.

Sebagai contoh fasilitas citra indah yang sudah ada saat ini adalah sebagai berikut:

* Jaringan listrik, PDAM bogor, telpon dimana layanan pemasangannya lumayan cepat.
* Pasar basahKomplek pertokoan
* Sarana ibadah (masjid, mushola, gereja)
* Sarana pendidikan Playgroup – SMP
* Sarana transportasi, angkot dalam komplek dan bus Trans Citra Indah
* Kolam renang, water boom, lapangan tennis
* Perbankan dan ATM
* Taman bermain ditiap cluster
* Bagi penggemar dunia maya, jangan kawatir tinggal di Citra Indah, karena sudah ada RT/RW net yang dikelola oleh warga. Dan juga sinyal 3G telkomsel nggak masalah disini
* dll

Partisipasi warga dalam bermasyarakat
Kerja sama antarwarga dapat membuat sebuah kompleks perumahan lebih nyaman untuk dihuni karena akan terasa seperti dilingkungan saudara sendiri. dan aman dihuni. Semisal Cluster Alamanda dan Wijaya Kusuma di Citra Indah, ditengah kesibukan bekerja yang menuntut berangkat pagi pulang petang, seringkali dijumpai Pak Mardiono (Ketua RW) maupun Pak Freddy (Ketua RT) berkeliling komplek diwaktu pulang kerja, sampai sampai si penulis nyeletuk lho bapak lagi bapak lagi. Keaktifan pengurus dalam mensosialisasikan kegiatan kemasyarakatan menyebabkan warga merasa senang dan selalu banyak yang hadir ditiap rapat dan kegiatan lainnya, dan bahkan dilingkungan yang luasnya puluhan hektar ini warga masih mengenal satu sama lain.

Bilamana anda telah mengetahui kondisi lingkungan sebuah perumahan seperti ke 7 tip diatas, maka anda perlu yakinkan juga dengan melihat pilihan perumahan lain. Misal budget anda adalah Rp 200 juta, maka anda perlu lihat rumah yang lebih mahal dikit disekitarnya siapa tau dengan mengeluarkan sedikit tambahan untuk budget maka anda mendapatkan fasilitas yang jauh lebih tinggi nilainya dan kemungkinan keuntungan investasi yang lebih besar.

Selamat beli rumah

Sumber : http://www.citraindahrumahku.com

Tidak ada komentar: