Kamis, 31 Desember 2009

Kesalahan dalam perencanaan rumah impian

Semua orang tentunya mempunyai impian mengenai rumah tempat tinggal, tetapi untuk mewujudkan rumah impian tentunya tidak semudah membalik tangan. Diperlukan perencanaan yang matang terutama mengenai budgeting dan design rumah yang diidamkan.

Berikut beberapa kesalahan yang umumnya dijumpai oleh orang orang yang mencoba untuk membangun rumah impiannya:

* Perencanaan rumah tanpa memperhatikan aturan pemerintah setempat mengenai pendirian bangunan. Kesalahan ini akan berakibat fatal bagi si empunya rumah, dimana aturan pemerintah mengenai pendirian bangunan dibuat bukan tanpa tujuan, aturan aturan ini dibuat bertujuan agar supaya lingkungan tetaplah tertata dan kepentingan umum tetap dilindungi. Jadi jangan sampai Anda acuhkan mengenai aturan pemerintah. Bilamana pemerintah setempat mengetahui bahwa anda membangun tidak sesuai dengan aturan yang ada maka anda harus berurusan dengan pemerintah dan harus berhadapan dengan sangsi sangsi. Bilamana anda berurusan dengan masalah ini maka persoalan yang anda hadapi lebih sulit daripada anda mengurus semua yang diperlukan sejak awal ketika anda akan membangun.
* Perencanaan rumah tanpa adanya perhitungan mengenai ukuran dan lokasi dimana rumah akan dibangun. Bilamana hal ini anda lakukan artinya sama saja dengan anda menggambar tanpa mengetahui ukuran kertas gambar anda, dan tanpa sadar anda akan menggambar hingga ke papan meja gambar. Hal ini merupakan kesalahan fatal kedua, dimana anda tidak hanya berurusan dengan waktu pembangunan yang molor tapi juga pembengkakan tenaga kerja dan material juga yang artinya adalah kembali ke masalah uang atau budget. Sangatlah lebih baik bila anda anda desain rumah anda secermat mungkin sehingga diwaktu pekerjaan tidak ada lagi perubahan tetapi juga nantinya rumah anda bisa dikembangkan dikemudian hari.
* Perencanaan rumah tanpa perhitungkan budget. Siapapun tidak akan memungkiri bahwa uang yang berperan sebagai motor penggerak dalam proyek perencanaan rumah impian ini. Lakukan perencaan desain yang matang dan tentukan budget, dan kemudian jalankan pembangunan rumah anda sesuai dengan perencaan desain.
* Proses perencanaan dilakukan oleh orang yang tidak professional. Seseorang yang tidak professional dibidang perencanaan desain rumah akan melakukan pekerjaan dengan cara trial and error tanpa adanya pengalaman statistik atau data data pendukung. Hal ini adalah sangat fatal karena anda tentunya juga pasti tahu bahwa pekerjaan trial and error akan menyebabkan biaya membengkak. Jadi bila anda menggunakan jasa seseorang dalam perencanaan rumah anda, pastikan bahwa dia adalah seseorang yang professional dibidangnya yang mengerti betul mengenai seluk beluk perencanaan rumah.
* Hanya mengandalkan jasa dan keputusan perencana rumah yang anda sewa untuk pengerjaan perencanaan tanpa melakukan riset pembanding. Anda adalah pemilik rumah nantinya, sehingga walaupun desainer yang anda sewa adalah seorang yang professional tapi anda juga perlu mereview perencanaan rumah yang dilakukannya sebelum memulai pembangunan, dan bahkan anda harus melakukan riset sendiri sejauh anda bisa melakukannya. Perlu anda ingat bahwa desainer hanya membantu anda untuk mewujudkan rumah impian, jangan selalu anda terima bila anda merasa puas.

Perencanaan rumah impian bukanlah hal yang mudah, tapi bilamana anda sudah mengetahui beberapa kesalahan fatal yang sering kita jumpai ini maka akan membantu anda untuk mewujudkan rumah impian anda dengan lebih baik.

Sumber : http://www.citraindahrumahku.com

Tidak ada komentar: